perintah history

Histori Perintah
Lingkungan merupakan tempat kita memberikan perintah kepada komputer dalam linux maupun unix (shell) yang memiliki berbagai fasilitas, yang salah satunya adalah merupakan adanya histori perintah.
Perintah-perintah inilah yang pernah diberikan oleh pemakai akan dicatat oleh shell, yang dicatat oleh shell hanyalah beberapa dari perintah terakhir saja. Jumlah perintah yang dicatat oleh shell tergantung dari pemakai yang mendefinisikannya atau definisi dari administrator sistem sebagai parameter dari shell bash untuk setiap pemakai saja. Setiap shell harus memiliki cara sendiri untuk menghistorikan dan memanggil perintah yang ada dalam daftar histori perintahnya. Penulis sendiri menggunakan bash, untuk menampilkan histori perintah, dapat menggunakan perintah history. Jumlah yang akan ditampilkan, pada setiap pemakai akan berbeda, itu dapat terjadi karena tergantung pada pengaturan dari sistem tentang jumlah histori perintahnya yang akan disimpan untuk setiap pemakai, juga sudah berapa banyak kita memberikan perintah kepada sistemnya. Untuk menggunakan kembali perintah yang pernah diberikan, dan yang telah tersimpan dalam histori perintah, dapat menggunakan tombol tanda panah atas atau tanda panah ke bawah untuk memilih perintah mana yang akan digunakan lagi. Jika anda dalam shell bash, maka tekanlah tombol panah ke atas , maka perintah-perintah yang pernah kita berikan akan ditampilkan. Kita dapat memilih kemudian langsung menekan jika ingin agar perintah tersebut dijalankan lagi.

Inomorperintah
Jika kita perhatikan hasil dari perintah history, maka kita akan melinat nomor urut dari pelaksanaan suatu perintah. Setiap perintah yang pernah diberikan kepada sistem disimpan dalam history dan memiliki nomor urut. Seperti dijelaskan di atas, kita dapat mengulangi perintah yang pernah kita berikan dengan menggunakan tanda panah atas dan bawah, untuk dapat memilih perintah mana yang akan dijalankan. Jika sudah terlalu banyak, maka kita akan menjadi malas untuk menggerakkan tombol atas atau bawah, lebih baik kita menulis lagi, walaupun perintah yang akan dituliskan akan panjang. Dalam shell linux dan unix disediakan fasilitas untuk memudahkan dengan memanfaatkan nomor dari perintah yang ada di dalam history. Jalankan perintah history, kemudian lihat nomor dari perintah yang akan kita jalankan. Setelah mendapatkan nomornya kita dapat berikan perintah dengan menggunakan tanda seru kemudian diikuti dengan nomor historinya.
Sintaks:
! noperintahdalamdistori
Mendapatkan Petunjuk Memberikan Perintah
Kita tidak harus menghafal perintah-perintah yang ada di dalam Unix, apa SAJA ITU uptionnya, dan bagaimana pun cara menggunakannya, karena kita dapat meminta informasi tentang perintah tersebut kepada sistem

Comments :

0 komentar to “perintah history”

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.


Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. Lebih baik anda gunakan pilihan dibawah ini:


Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini

Recent Post Advanced